Rabu, Januari 29, 2014

Bocoran AMG

Sekilas tentang AMG/STTMKG (Sekolah Tinggi Teknologi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika)

Ada yang udah tahu STTMKG belum?..
Kebanyakan di daerah luar pulau Jawa banyak yang belum mengetahui apa itu AMG. Ada beberapa yang tahu, tapi hanya sebatas pengetahuan basic saja. AMG atau akademi meteorologi, klimatologi dan geofisika adalah perguruan tinggi kedinasan yang bergerak di bidang ilmu mengenai cuaca, iklim maupun ilmu tentang bumi, termasuk mempelajari tentang gempa, struktur batuan, dan lainnya. AMG terdapat 4 jurusan mata kuliah, yaitu, Meteorologi,Klimatologi, Geofisika dan Instrumentasi. karena saya berada di jurusan Meteorologi, maka saya akan jelaskan secara ringkas apa yang dipelajari di bidang Meteorologi. Meteorologi pada dasarnya mempelajari tentang cuaca, yaitu suhu, kelembaban, keadaan tanah, sinar matahari, awan, tekanan udara pada setiap ketinggian, dsb. Itu nantinya akan dijadikan sebagai patokan dalam setiap cabang ilmu meteorologi. Meteorologi juga mempelajari matematika, fisika, dan agama (pada tingkat I)
kemudian dilanjutkan meteorologi umum, permukaan udara atas, udara permukaan, dll. Meteorologi tidak sebatas memberi informasi pada masyarakat mengenai 'hari ini hujan atau tidak', melainkan juga membantu masyarakat, nelayan, petani, dalam melaksanakan tugasnya, kapan waktunya bercocok tanam, gelombang pasang surut air, dan lainnya. Selalin itu, kita lihat baru-baru ini Jakarta mengalami intensitas hujan terus menerus, yang mengakibatkan kebanjiran di beberapa wilayah. Hal ini juga menjadi tugas dari BMKG untuk menanggulanginya, bisa dengan teknologi rekayasa cuaca, peringatan dini mengenai banjir agar mencegah jatuhnya korban yang lebih banyak. Jadi, dapat kita simpulkan bahwa tugas anak meteo itu tidak gampang. Jurusan meteorologi nantinya akan ditempatkan di bandara maupun di balai besar BMKG. Tugas anak meteo di sana cukup banyak, yaitu melakukan pengamatan pada jam pengamatan, menyandi hasil pengamatan , dan mengirimkannya untuk dijadikan berita synop. Data inilah yang dijadikan arahan bagi pilot untuk melakukan penerbangan. jika ada kesalahan pada data, hal ini dapat menjadi kesalahn fatal. Pada intinya di sini, tugas anak meteo adalah menyelamatkan nyawa banyak orang, untuk itu dibutuhkan ketelitian dan kecermatan pada saat melakukan pengamatan.
Bagaimana cara mendafatar ke AMG?
Sebenarnya kita dapat langsung melihat tata cara pendaftarannya di www.amg.ac.id. Tapi, disini saya tetap akan menjelaskannya satu persatu. Saat saya dulu mendaftar pertama kali, saya harus melengakapi beberapa berkas seperti KTP, fotokopi rapor, dan lainnya (dapat dilihat di websitenya). Kemudian, dilanjutkan dengan pengisian formulir. Di tempat itu juga, saya diukur tingginya, bagi wanita harus lebih atau sama dengan 155 cm. Diusahakan agar saat pertama kali mendaftar gunakan celana bahan (tisu) atau bagi wanita bisa memakai rok yang sopan dan memakai kemeja agar menimbulkan kesan baik bagi petugas di tempat mendaftar, srta jangan lupa gunakan sepatu. Setelah mendapat bukti pendaftaran, jagalah bukti itu sebaik-baiknya. Selang beberapa lama, diadakan tes potensi akademik, dan serangkaian tes lainnya, seperti PKN, Matematika, Fisika, dan Bahasa Inggris. Diharap untuk membaca peraturan menjawab soal lebih dahulu, karena pada saat itu kami, benar bernilai 4, salah dan tidak dijawab bernilai 0. pada saat ujian juga wajib memakai kemeja, celana bahan, maupun rok (bagi wanita) dan bersepatu agar tidak diusir oleh pihak pengawas ujian. ujian juga memakai sistem kode. Jadi jangan meminta jawaban pada orang sebelah kita :). waktu yang diberikan cukup lama, jadi jangan terlalu terburu-buru menyelesaikan soalnya dan diadakan sesi istirahat.
Jika kita dinyatakan lulus di sesi ujian akademik, selanjutnya diadakan tes kesehatan. Tes kesehatan sendiri dilakukan pada rumah sakit umum setempat.data yang diberikan harus benar-benar sesuai dengan kondisi tubuh kita. Data yang perlu diperiksakan nantinya dapat dilihat pada website (kita hanya tinggal mendownload data cek kesehatan) dan berikan pada perawat rumah sakit tersebut. Untuk masalah biaya ditanggung sendiri oleh catar (calon taruna). Kita harus mengirimkannya sebelum lewat dari batas waktu yang ditentukan lewat kantor pos. 
Apabila dinyatakan lolos tes kesehatan, kita kemudian memasuki tes wawancara. Kita diwawancarai oleh pejabat AMG. Di sini, kita juga harus tetap memakai pakaian sopan, kemeja, celana bahan/rok bahan dan sepatu. Tes ini sendiri dilaksanakan di tempat Anda pertama kali mendaftar. Berlakulah sopan dan tidak ribut. Nama akan dipanggil satu persatu. Pada saat  tiba giliran kita, hal yang perlu diperhatikan yaitu, ketuklah pintu sebelum memasuki ruangan sampai diizinkan masuk, bersikap tenang dan percaya diri, duduklah jika sudah diizinkan, ucapkan salam (berjabat tangan juga diperbolehkan), tunnggu dengan tenang sampai kita ditanyai . Adapun pertanyaannya mengenai data diri, keluarga, bersedia ditempatkan dimanapun nantinya (harus katakan dengan lantang, 'Ya, saya siap, Pak', pengetahuan seperti, 'hujan pada bulan berapa sajakah? apa itu pelangi? apa itu petir?' maupun pertanyan dalam bahasa inggris. pada saat itu saya juga disuruh untuk mendeskripsikan diri saya dalam bahasa inggris dan ada juga ditanyai mengenai PBB (Peraturan Baris-Berbaris). Sebenarnya tidak susah, hanya perlu bersikap tenang dan usahakan untuk melihat berita atau membaca koran 2 minggu sebelum wawancara mengenai info seputar cuaca. usahakn mata fokus, dan kaki tidak digoyangkan. Tangan jangan dilipat, letakkan santai pada paha dengan lurus. Ketika sudah selesai jangan luap ucapkan salam pamit.
Selesai sesi wawancara, kita hanya tinggal menunggu pengumuman kita lulus atau tidak. Harapan saya, bagi kalian yang benar-benar niat untuk masuk ke PTK ini dapat lulus dan membanggakn kedua orangtua kalian. Selamat mencoba!

63 komentar:

Unknown mengatakan...

Kak tes kesehatannya paling sering buat org gagal apa ya selain tinggi badan sama penyakit yg serius?
terimkasih

Adelina mengatakan...

Setau kakak itu saja dik, dalam tes kesehatan juga, pihak STMKG sendiri tidak memberikan kriteria apa yang menjadi patokan kelulusan di bidang kesehatan, selain tinggi badan dan penyakit. Intinya, cantumkan saja sesuai dengan kondisi kesehatan kita selama kita melakukan pemeriksaan.

Unknown mengatakan...

Kak apa sekolah di STMKG memang benar benar gratis?

Adelina mengatakan...

Iya dik. Tapi di awal pendaftaran kita akan dimintai uang, kalo kakak kemarin sekitar 6 juta, yang nantinya digunakan untuk pengadaan atribut kampus, baju, dll. Setelah kita sekolah di sana kita akan diberikan TID (tunjangan ikatan dinas) per bulannya yang pada akhirnya menutup pengeluaran kita di awal tadi.

Unknown mengatakan...

Kak saya kan minus 1,25 tpi pengen daftar stmkg. Tpi dipersyaratan tidak berkacamat, adakah saran kak?

Adelina mengatakan...

Untuk minus sendiri kakak mau berbagi pengalaman temen kakak ada yg lebih dari kamu minusnya, tapi lulus juga kok dek. Intinya cantumkan saja sesuai tes kesehatanmu dek, masalah minus mata itu nantinya pihak STMKG yang menentukan kamu berhak lulus atau gk, di samping hal itu juga bukan patokan utama untuk nentuin kelulusan kamu kok.

IndahSurya mengatakan...

Kak batas minimal usianyakan 17 tahun, maksudnya 17 tahun pada bulan apa dan tahun berapa?

Unknown mengatakan...

Kak bagi id line dong kak. Mau tnya" ttg stmkg nih kak

Adelina mengatakan...

17 tahun itu artinya pada tahun pendaftaran, adik sudah mencapai batas usia 17 tahun dik.

Adelina mengatakan...

adelina_lumbangaol

Unknown mengatakan...

kak, untuk stmkg waktu pendaftaran sampai diterima, berkas yg diperlukan apa aja ka??
terus itu yang 6 juta di awal dibayarkannya setelah apa sebelum kita dinyatakan lulus atau tidak nya kak??
makasiih

Adelina mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Adelina mengatakan...

Untuk lebih jelasnya mengenai ketentuan pendaftaran ataupun ketentuan kelengkapan berkas bisa dilihat di ptb.stmkg.ac.id
Biaya hanya dikenakan apabila kita sudah dinyatakan lulus dan kita melakukan pendaftaran ulang untuk masuk ke stmkg dik

M.A.D mengatakan...

kak.saya mau nnyak? kalo gigi kita ompong apakah bisa masuk bmkg kak? terimkasih.

Adelina mengatakan...

Nggak bisa dik, kalo berlubang ditambal, paling nggak pasang gigi palsu dik kalo ompong

Unknown mengatakan...

Kalau gigi graham yang ompong bisa gak kak? Trus berat badan harus seimbang ya ?

Adelina mengatakan...

Lebih baik buat gigi palsu aja dulu dik 😊
Kalo untuk masalah batasan berat badan kakak kurang tau bagaimana penilaiannya dik. Tapi selama nggak obesitas dan atau overweight tinggi, bisa kok dik

JeGer FoundationS II mengatakan...

Kak itu kalau berat badan nggak overweight, tp agak kurus bisa nggak kak?

JeGer FoundationS II mengatakan...

Kak itu kalau berat badan nggak overweight, tp agak kurus bisa nggak kak?

Unknown mengatakan...

Kak, mau nanya test kesehatanya periksa bagian tubuh juga ya semacam di stan dan ikatan dinas yang lain?

Unknown mengatakan...

Kak, mau nanya test kesehatanya periksa bagian tubuh juga ya semacam di stan dan ikatan dinas yang lain?

Unknown mengatakan...

Kak,waktu seleksi itu saya pernah baca katanya ada tes kebugaran, itu tesnya gimana kak?

Unknown mengatakan...

Kak,waktu seleksi itu saya pernah baca katanya ada tes kebugaran, itu tesnya gimana kak?

shindu sang gamer mengatakan...

kak mau tanya test kesehatanya itu sama kayak tes kesehatan di TNI kah?
kalau kriteria untuk kulit itu gimana kak?

shindu sang gamer mengatakan...

sama kak kalau gigi gingsul dan kesannya masih belum rapi gimana?

Unknown mengatakan...

tes kesehatan stmkg itu ketentuannya bagaimana ?

Unknown mengatakan...

Kak waktu tes kesehatan itu behel juga pengaruh ga sih ka?

Unknown mengatakan...

Kak kalau gigi tidak rapi bisa mendaftar atau tidak?

Unknown mengatakan...

Kak gigi saya tidak rata, depan ada renggang gitu bisa apa ndak?

Adelina mengatakan...

Nggak papa kok dik. Hanya sebisa mungkin jangan bolong saja

Adelina mengatakan...

Bisa dik

Adelina mengatakan...

Kakak kurang tahu, trgantung dokteenya. Kalobdi stmkg dilarang memakai behel

Adelina mengatakan...

Ketika kamu sudah dinyatakan lulus untuk masuk ke tes kesehatan, stmkg sendiri akan memberi dokumen kesehatan untuk dicek ke rsu daerah

Adelina mengatakan...

Nggak kok dik.
Kalo kulit sendiri sepertinya gk ada kriteria

Adelina mengatakan...

Nggak papa dik

Adelina mengatakan...

Lari lapangan, push up, sit up

Adelina mengatakan...

Tes kesehatannya di RSU daerah dik. Periksa tubuh secara keseluruhan

Adelina mengatakan...

Bisa dik

Unknown mengatakan...

Kak dikulit ada bekas luka gimana tuh kak?

Unknown mengatakan...

kak nanti klo sudah lulus kesehatan kita diperiksa ulang untuk mastikan data data yang dikirim itu bener di stmkg atau nggak??

Ridho Wira mengatakan...

Kak utk biaya tes kesehatan kira-kira berapa ya kak ?
Dan jika dinyatakan lulus utk keberangkatan ke Jakarta itu ditanggung sendiri.... ?

Unknown mengatakan...

Kak kalo pas daftar belom ada KTP tapi udah 17 gimana?

penanyata mengatakan...

ka tulisannya ga kebaca, warnanya sama sama background

pangesti mengatakan...

Kak, kalo tes kesehatan itu ada lari, push up gitu enggak? Terus kalo ikatan dinas itu selamanya apa berbatas waktu?

Yusuf Dwiki mengatakan...

Kak dulu tes nya di BKN mana kak?
Waktu tes kesehatan ada pemeriksaan ambeien sama alat vital nggak kak?

estri.diniyati@gmial.com mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
estri.diniyati@gmial.com mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Ka, untuk yg tes kesehatan ni ada pemeriksaan alat vital atau tidak ka?? Trimakasih.

Unknown mengatakan...

Kak kalo misalkan Gigi saya Bolong 2 masih Bisa Lolos Tes Kesehatan

Anfara.id mengatakan...

Ka kalo kota cek kesehatannya di RS type C bisa gk ka ?mksdnya bisa di semua rumah sakit gk atau hanya di RSUD setempat gitu ??

Unknown mengatakan...

Maaf kak mau tanya, setau kakak adakah taruna atau taruni yg keterima di STMKG tetapi memakai gigi tiruan(palsu)?
Terus bila gigi tiruannya ada 3 bagian gigi geraham, apakah masih bisa ada peluang untuk keterima di STMKG?

Rifki mengatakan...

Kak kalo gigi bolong atau gigi ga rapi bisa masuk nggak?

Eduka Sans mengatakan...

Gak ada kak line nya. Gak ditemukan

Unknown mengatakan...

Kak misalkan kalo gigi kita jarang/renggang gitu boleh gak daftar stmkg?

Unknown mengatakan...

Kak kalau misalnya gigi kita tidak rapi masih bisa diterima ga kak??

Unknown mengatakan...

Kak kalau ada bekas luka bisa ga kak?

Adelina mengatakan...

Bisa dek

Adelina mengatakan...

Gigi kakak juga gk terlalu rapi, kemungkinan besar diterima kok dek

Unknown mengatakan...

Kak kalau giginya dicabut trs kan gak tumbuh lagi trs giginya yang dibelakang maju gitu nutupi yang bolong ,gimana kak apa masih bisa untuk masuk stmkg?

Unknown mengatakan...

Kak kalau giginya dicabut trs kan gak tumbuh lagi trs giginya yang dibelakang maju gitu nutupi yang bolong ,gimana kak apa masih bisa untuk masuk stmkg?

Rima sampur tri wahyuni mengatakan...

Kak aku mau tanyaa kalo kita punya bekas lukaa di bagian kaki, apa nggapapa ?

cok mengatakan...

kak mau nanya kalo gigi kita maju terus make behel itu berpengaruh di tes kesehatannya apa engga kak? terus kalo ada bekas luka gtu ngaruh juga ga kak?

Posting Komentar